Home » » soal untuk materi masalah pokok ekonomi

soal untuk materi masalah pokok ekonomi

Written By Romada Parulian Situmorang on Rabu, 28 Oktober 2015 | 05.43

Soal diskusi masalh pokok ekonomi dan sistem ekonomi 1. Paulina seorang pelajar yang berasal dari keluarga sederhana. Berikut ini beberapa kebutuhan paulina 1) Mengurangi uang jajan untuk membeli buku pelajaran 2) kesekolah mengendarai motor baru 3) Membeli sepatu yang harganya mahal 4) Memakai seragam sesuai peraturan 5) Membawa nasi dari rumah untuk makan siang Yang merupakan kebutuhan skala prioritas paulina adalah: a. 1,2 dan 3 d. 1,4 dan 5 b. 2,3 dan 4 e. 2,3 dan 5 c. 3,4 dan 5 2. Bu Tania adalah produsen keripik tahu yang berusaha menekan biaya produksi sehingga menghasilkan keripik tahu dengan harga murah namun tetap berkualitas. Hal ini diakukan karena daya beli masyarakat yang menurun. Dari ilustrasi tersebut, masalah ekonomi yang dihadapi adalah: Untuk siapa barang diproduksi? a. Berapa barang yang diproduksi? Barang apa yang akan diproduksi? b. Mengapa barang diproduksi? c. Bagaimana cara memproduksi? 3. Masalah pokok dalam masyarakat modern dalam mengatasi masalah ekonomi adalah barang dan jasa apa yang dihasilkan dan … Berapa banyak barang yang dihasilkan a. Jasa apa yang dihasilkan/diproduksi Siapa yang membeli barang yang dihasilkan b. Didistribusikan ke mana hasil produksi barng c. Mesin apa yang digunakan untuk produksi 4. Perhatikan pernyataan berikut ini: 1) Barang apa yang harus dikonsumsi? 2) Bagaimana cara mengonsumsi? 3) Siapa yang memproduksi? 4) Barang apa yang diproduksi? 5) Bagaimana cara memproduksi? 6) Untuk siapa barang diproduksi? Berdasarkan pernyataan – pernyataan diatas, yangmerupakan masalah pokok perekonomian adalah: a. 1,2 dan 3 d. 1,3 dan 5 2,4 dan 5 b. 3,4 dan 5 e. 4,5 dan 6 5. Daya Kreasi masyarakat dimatikan sebab semua inisiatif diprakarsai oleh pemerintah ,merupakan keburukan dari sistem ekonomi... a. Tradisional d. Komando b. Liberal e. Campuran c. Pancasila 6. Sektor ekonomi yang dikuasai pemerintah lebih diarahkan untuk kepentingan masyarakat. Ini merupakan salah satu kebaikan dari sistem ekonomi.... a. Tradisional d. Komando b. Liberal e. Campuran c. Pancasila 7. Hal –hal di bawah ini yang termasuk kebaikan sistem ekonomi liberal adalah,kecuali.... a. Mencari laba maksimal b. Terjadinya persainagn bebas c. Yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin d. Produksi berdasarkan kebutuhan e. Individu bebas memiliki alat produksi 8. Di negara yang menganut sistem liberal mekanisme pasar ditentukan oleh... a. Produsen dan kapitalis b. Jumlah barang dan jasa yang ditawarkan c. Kekuatan permintaan dan penawaran terhadap barang dan jasa d. Pemerintah dan swasta e. Konsumen sebagai raja 9. Sistem ekonomi yang menimbulkan monopoli sehingga merugikan masyarakat adalah sistem ekonomi... a. Tradisional d. Komando b. Liberal e. Campuran c. Pancasila 10. Tokoh aliran liberal yang mempunyai semboyan laissez faire adalah... a. Adam smith d. R.Malthus b. Francois Quesnay e. David Ricardo c. Calbert 11. Sistem ekonomi yang dianut suatu negara dipengaruhi oleh hal-hal berikut ini kecuali... a. Faktor alam d. Tenaga kerja b. Modal e. Negara tetangga c. Keahlian yang dimiliki warga negara 12. Ciri-ciri positif demokrasi ekonomi adalah tersebut di bawah ini ,kecuali... a. Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatanya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masyarakat b. Bumi dan air dan kekeyaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnyan kemakmuran rakyat c. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara d. Perekonomian disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan e. Setiap warga ngara berhak sepenuhnya untuk mengolah produksi kekayaan alam 13. Sistem ekonomi yang mendevisakan negara dan prestasi negara yang diutamakan, menguasai kehidupan perekonomian disebut... a. Komunisme d. Fasisme b. Kapitalisme e. Sosialisme c. Individualisme 14. Yang dimaksud sistem etatisme adalah... a. Masyarakat bebas bergerak dalam seluruh kegiatan perekonomian b. Negara beserta aparatur ekonomi bersifat penunjang kegiatan ekonomi c. Negara beserta aparatur ekonomi negara bersifat dominan d. Masyarakat memiliki kekuasaan ekonomi yang dominan e. Pihal swasta memegang kendali perekonomian 15. Suatu konsep yang menghendaki perekonomian dapat mengatur dirinya sendiri tanpa adanya campur tangan pemerintah adalah konsep yang diajukan oleh... a. Komunisme d. Fasisme b. Kapitalisme e. Sosialis ilmiah c. Individualisme 16. Perekonomian Indonesia didasarkan atas asas... a. Kekeluargaan d. Gotong royong b. Individualisme e. Kalangan tertentu c. Sama rata dan sama rasa 17. Indonesia menganut sistem ekonomi... a. Liberal d. Sosialisme b. Etatisme e. Pancasila c. Demokrasi rakyat 18. Masalah bagaimana cara memproduksi terkait dengan ... a. Ilmu dan pengetahuan serta teknik produksi b. Jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan c. Kelangkaan sumbr daya d. Kelangkaan barang dan jasa e. Jumlah pabrik yang dimiliki 19. Beberapa ciri sistem ekonomi, yaitu... 1. Belum ada pembagian kerja 2. Ada pembagian kelas dalm masyarakat 3. Pertukaran dilaksanakan dengan barter 4. Ada persaingan antar pengusaha 5. Jenis produksi disesuaikan kebutuhan Yang merupakan ciri-ciri sistem ekonomi tradisional yaitu... a. 1, 2, dan 3 d. 1, 3, dan 5 b. 1, 2, dan 4 e. 1, 4, dan 5 c. 1, 3, dan 4 20. Di Indonesia ,untuk berproduksi sebaiknya digunakan sistem padat karya karena... a. Tidak memerlukan banya tenaga kerja b. Memerlukan banyak modal c. Libih efisien daripada padat modal d. Memerlukan banyak tenaga kerja e. Tidak memerlukan keahlian khusus 21. Pemerintah secara bertahap menghilangkan subsidi BBM.Hal ini bertujuan... a. Mengurangi ketergantungan masyarakat kepada pemerintah b. Mengurangi pendapatan masyarakat c. Mengurangi pendapatan pemerintah d. Mengurangi konsumsi asyarakat e. Menurunkan harga barang 22. Beberapa kebaikan sistem ekonomi,yaitu: 1. Menumbuhkan inisiatif 2. Jarang terjadi krisis 3. Terdapat efisiensi dan efektifitas 4. Mudah melakukan pemerataan 5. Kualitas barang tinggi Yang merupakan kebaikan sistem ekonomi pasar yaitu.... a. 1, 2, dan 3 d. 2, 3, dan 4 b. 1, 3, dan 4 e. 2, 3, dan 5 c. 1, 3, dan 5 23. Beberapa ciri-ciri sistem ekonomi,yaitu... 1. Perencanaan dilakukan oleh pemerintah 2. Aspirasi masyarakat tidak berkembang 3. Pemeritah hanya sebagai pelindung perekonomian 4. Perekonomian dikuasai pemilik modal 5. Masyarakat bebas mengembangkan usaha termasuk ciri-ciri sistem ekonomi liberal,yaitu... a. 1, 2, dan 3 d. 2, 4, dan 5 b. 1, 3, dan 5 e. 3, 4, dan 5 c. 1, 3, dan 4 24. Masalah pokok ekonomi yang pertama menyangkut tentang... a. Barang apa yang akan
Share this article :

2 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ingin seperti saya.. Perkenalkan nama saya abdul rochman junaidy umur 38 tahun Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal yaitu uang gaib karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 785 juta saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya. Secara tidak sengajah sewaktu saya buka-buka internet saya menemukan salah satu situs abah duihantoro saya baca semua isi situs beliau akhirnya saya tertarik untuk meminta bantuan kepada abah duihantoro. Awalnya sih memang saya ragu dan tidak percaya tapi selama beberapa hari saya berpikir, akhirnya saya memberanikan diri menghubungi abah duihantoro di nomer 085298463149 singkat cerita alhamdulillah beliau sanggup membantu saya melalui pesugihan uang gaib sebesar 2 milyard dan pada saat itulah saya sangat pusing memikirkan bagaimana cara saya berusaha agar bisa memenuhi persyaratan yg abah sampaikan sedangkan saya tidak punya uang sama sekali. Akhirnya saya keliling mencari pinjaman alhamdulillah ada salah satu teman saya yg mau meminjamkan uangnya akhirnya saya bisa memenuhi
    syarat yg abah duihantoro sampaikan.. singkat cerita selama 3 hari saya sudah memenuhi syaratnya saya dapat telpon dari abah untuk cek saldo rekening saya,, saya hampir pingsan melihat saldo rekening saya sebesar 2M 150 ribu rupiah. Singkat cerita bagi saudara(i) dimanapun anda berada jika anda menemukan pesan saya ini dan anda sudah berhasil mohon untuk di sebarkan agar saudara(i) kita yg diluar sana yg sedang dalam himpitan hutang atau ekonomi semua bisa bebas.. Jika saudara(i) ingin seperti saya silahkan konsultasi atau hubungi abah duihantoro di 085298463149 / whatsapp +6285298463149 sosok beliau sagat baik dan peramah dan sagat antusias membantu orang susah. Demi allah demi tuhan inilah kisah nyata saya abdul rochman junaidy semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat sekian dan terima kasih...






    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Pendidikan Ekonomi SMA - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template