Dasar Permasalahan Ekonomi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 SIANTAR
Kelas/Semester : X/2
Mata Pelajaran : Ekonomi
Alokasi Waktu : 6x 45
menit
KOMPETENSI INTI:
KI -1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI-2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI-3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampumenggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.5
Menjelaskan fungsi bank sentral dan Otoritas Jasa Keuangan
|
1. Menjelaskan pengertian dan sejarah bank sentral
2. Mendeskripsikan fungsi bank sentral
3. Menjelaskan fungsi Bank Indonesia sebagai bank
sentral Republik Indonesia
4. Memahami pengertian Otoritas Jasa Keuangan
5. Mendeskripsikan tujuan dan fungsi Otoritas Jasa
Keuangan
6. Mendeskripsikan tugas dan wewenang Otoritas Jasa
Keuangan
|
4.5
Mempresentasikan fungsi bank sentral dan Otoritas Jasa Keuangan
|
1.
Menyimpulkan fungsi
bank sentral dan Otoritas Jasa Keuangan
2. Menyajikan hasil penelusuran informasi mengenai
fungsi bank sentral dan Otoritas Jasa Keuangan
|
PERTEMUAN
I:
A. Tujuan Pembelajaran
1) Memahami konsep bank sentral
2) Mendeskripsikan sejarah bank sentral
3) Menjelaskan fungsi bank sentral
B.
Materi
Pembelajaran
Bank
Sentral
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : pendekatan spiral
Metode : diskusi,
observasi literatur
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1)
Lingkungan sekitar
2)
Buku teks Ekonomi Kls X Yudistira, 2013
3)
Buku pendukung lain
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
1)
Mengkondisikan siswa untuk belajar dan
memotivasi siswa terkait pokok bahasan bank sentral kemudian mendiskusikannya
2)
Apersepsi: bertanya jawab tentang bank
sentral
·
Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan bank
sentral?
3)
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari
ini
2. Inti
a) Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Membaca
dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan konsep
bank sentral
2)
Membaca dari berbagai
sumber belajar yang berkaitan dengan fungsi bank sentral
Menanya(Questioning)
1) Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan konsep bank sentral
2) Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan fungsi bank sentral
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan data/informasi tentang konsep
bank sentraldari berbagai sumber yang relevan
2)
Mengumpulkan data/informasi tentang fungsi
bank sentraldari berbagai sumber yang relevan
Mengasosiasi(Associating)
1) Mengevaluasi
konsep bank sentral dalam bentuk laporan setelah menganalisis dan menyimpulkan informasi/data yang dikumpulkan
2) Menyimpulkan fungsi bank sentral
dari data yang dikumpulkan
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Menyampaikan
hasil evaluasi dan simpulan tentang konsep bank sentral dalam berbagai bentuk
media (lisan dan tulisan)
2) Mengkomunikasi hasil evaluasi dan simpulan tentang
fungsi bank sentral dalam bentuk laporan dan membacakannya
b)
Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan
konsep bank sentral dan fungsi bank sentral.
3. Penutup
Mendorong siswa
untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat
dipetik dari aktivitas hari ini.
PERTEMUAN II:
A.
Tujuan Pembelajaran
1) Menjelaskan Otoritas Jasa Keuangan
2) Memahami pengertian Otoritas Jasa Keuangan
3) Mendeskripsikan tujuan dan fungsi Otoritas Jasa Keuangan
4) Mendeskripsikan tugas dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan
B.
Materi
Pembelajaran
Otoritas
Jasa Keuangan (OJK)
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : pendekatan spiral
Metode : diskusi,
observasi literatur
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1)
Lingkungan sekitar
2)
Buku teks Ekonomi Kls X Yudistira, 2013
3)
Buku pendukung lain
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
1)
Mengkondisikan siswa untuk belajar dan
memotivasi siswa terkait pokok bahasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kemudian
mendiskusikannya
2)
Apersepsi: bertanya jawab tentang Otoritas
Jasa Keuangan (OJK)
·
Apa yang dimaksud dengan Otoritas Jasa
Keuangan?
3)
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari
ini
2. Inti
a)
Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Membaca
dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan konsep
Otoritas Jasa Keuangan
2)
Membaca dari berbagai
sumber belajar yang berkaitan dengan fungsi, tugas, dan wewenang Otoritas Jasa
Keuangan
Menanya(Questioning)
1) Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan konsep Otoritas Jasa Keuangan
2) Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan fungsi, tugas, dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan data/informasi tentang konsep
Otoritas Jasa Keuangandari berbagai sumber yang relevan
2)
Mengumpulkan data/informasi tentang fungsi,
tugas, dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan dari berbagai sumber yang relevan
Mengasosiasi(Associating)
1) Mengevaluasi
konsep Otoritas Jasa Keuangan dalam bentuk laporan setelah menganalisis dan menyimpulkan informasi/data yang dikumpulkan
2) Menyimpulkan fungsi, tugas, dan wewenag Otoritas Jasa
Keuangan dari data yang dikumpulkan
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Menyampaikan
hasil evaluasi dan simpulan tentang konsep Otoritas Jasa Keuangan dalam
berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
2) Mengkomunikasi hasil evaluasi dan simpulan tentang
fungsi, tugas, dan wewenag Otoritas Jasa Keuangan dalam bentuk laporan dan
membacakannya
b)
Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan
konsep, fungsi, tugas, dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan.
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
PENILAIAN
1.
Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
·
Pengamatan Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Uji Petik Kerja
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan
|
2.
Contoh
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Kriteria
|
Keterangan
|
||
Sangat baik
|
Baik
|
Kurang baik
|
|||
1
|
Jujur
|
|
|
|
|
2
|
Disiplin
|
|
|
|
|
3
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
4
|
Peduli
|
|
|
|
|
5
|
Kerja
keras
|
|
|
|
|
b. Lembar
Tes
Unjuk Kerja
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Keterangan
|
||
Sangat baik
|
Baik
|
Kurang baik
|
|||
1.
|
Siswa dapat bekerja sama dengan teman sekelompok.
|
|
|
|
|
2.
|
Siswa mampu menjawab pertanyaan.
|
|
|
|
|
3.
|
Siswa dapat melakukan kunjungan untuk suatu
pengamatan.
|
|
|
|
|
4.
|
Siswa mampu mengerjakan tugas dengan tepat waktu
|
|
|
|
|
c. Lembar Tes Tertulis
Kerjakan soal-soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Apa yang dimaksud dengan bank sentral?
2. Tuliskan pengertian bank sentral menurut Hawke.
3. Tuliskan fungsi-fungsi dari bank sentral.
4. Menurut Anda, bagaimana peranan bank sentral di Indonesia?
5. Apa yang dimaksud dengan Otoritas Jasa Keuangan?
6. Apa
tujuan dibentuknya Otoritas Jasa Keuangan?
7. Tuliskanwewenang pengaturan dan pengawasan OJK di sektor Perbankan.
8. Apa yang dimaksud dengan likuiditas dan rentabilitas?
9. Menurut Anda, bagaimana peranan OJK selama ini?
10. Apa misi dari Otoritas Jasa Keuangan?
Jawaban
1. Bank sentral merupakan sebuah bank tempat bank-bank lain menaruh dana
(rekening)dan mempergunakan dana tersebut untuk penyelesaian akhir (settlement)
dari transaksi antarbank.
2. Menurut Hawke bank sentral adalah sebuah organisasi yang berada di
antara pemerintah dan perbankan.
3. Fungsi bank sentral antara lain penerbit uang atau alat pembayaran yang
sah guna memenuhi kebutuhan masyarakat, pelaksana dan bahkan mungkin perumus
kebijakan moneter, penyedia jasa perbankan dan agen kepada pemerintah dan
sering sebagai pengelola pinjaman pemerintah
4. Jawaban disesuaikan berdasarkan kemampuan dan pemahaman siswa.
5. Lembaga negara yang independent yang diberi kewenangan untuk menjalankan
tugas pengaturan dan pengawasan industri jasa keuangan di Indonesia.
6. Agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa
keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan dan akuntabel; mampu
mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil; mampu
melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.
7. Pengaturan dan pengawasan kelembagaan bank, pengaturan dan pengawasan
kesehatan bank, dan pengaturan dan pengawasan aspek kehati-hatian bank.
8. Likuiditas adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka
pendeknya. Rentabilitas adalah kemampuan perusahaan dalam menghasilkan
keuntungan dengan semua modal yang bekerja di dalamnya.
9. Jawaban disesuaikan dengan kemampuan dan pemahaman siswa.
10. Mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di dalam sektor jasa
keuangan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel; mewujudkan sistem
keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil; dan melindungi
kepentingan konsumen dan masyarakat.
Pedomanpenskoran
Uraian Jawaban
|
Skor
|
1. jawaban lengkap dan benar
seluruhnya
2. jawaban lengkap dan benar
sebagian besar
3. jawaban lengkap dan benar
sebagian kecil
4. jawaban lengkap dan salah
5. tidak ada jawaban
|
100
70 – 90
50 – 69
30
0
|
Total skor
|
100
|
Skor yang diperoleh
Nilai = -------------------------- X 100
Skor maksimal
Siantar, 28 Agustus 2013
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Ekonomi
Kepala
SMA N
1 Siantar
RAHAB
SIADARI,S.Pd,M.Pd ROMADA P.SITUMORANG,S.Pd
NIP 197009241991031003
NIP.196208301998032001
Unit 6
Kegiatan Ekonomi dan Pelakunya
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 SIANTAR
Kelas/Semester :
X/2
Mata Pelajaran : Ekonomi
Alokasi
Waktu : 6x 45
menit
KOMPETENSI
INTI:
KI -1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI-2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI-3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampumenggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.6
Mendeskripsikan bank dan lembaga keuangan bukan bank
|
1.
Memahami pengertian
bank
2.
Mendeskripsikan
sejarah, fungsi, dan peran bank
3.
Menyebutkan
jenis-jenis bank
4.
Menjelaskan produk dan
layanan bank
5.
Mendeskripsikan
perbankan syariah
6.
Mendeskripsikan
produk penyaluran dana bank syariah
7.
Menyebutkan produk
jasa bank syariah
8.
Mendeskripsikan
keunggulan bank syariah
9.
Menjelaskan
pengertian lembaga keuangan bukan bank
10.
Mendeskripsikan
jenis-jenis lembaga keuangan bukan bank
11.
Menjelaskan manfaat
lembaga keuangan bank dalam perekonomian
|
4.6
Mempresentasikan fungsi, sistem, produk bank, dan lembaga keuangan
bukan bank
|
1. Menganalisis fungsi, system, dan produk bank
2. Menganalisis
lembaga keuangan bukan bank
3. Menyajikan
hasil penelusuran informasi mengenai fungsi, system, dan produk bank
4. Menyajikan
hasil penelusuran informasi mengenai lembaga keuangan bukan bank
|
PERTEMUAN
I:
A.
Tujuan
Pembelajaran
1) Mendeskripsikan sejarah, fungsi, dan peran bank
2) Menyebutkan jenis-jenis bank
3) Mendeskripsikan perbankan syariah
4) Mendeskripsikan produk penyaluran dana bank syariah
5) Menyebutkan produk jasa bank syariah
6) Mendeskripsikan keunggulan bank syariah
B.
Materi
Pembelajaran
Bank
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : pendekatan spiral
Metode : diskusi,
observasi literatur
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1)
Lingkungan sekitar
2)
Buku teks Ekonomi Kls X Yudistira, 2013
3)
Buku pendukung lain
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
1)
Mengkondisikan siswa untuk belajar dan
memotivasi siswa terkait dengan materi tentang bankkemudian mendiskusikannya
2)
Apersepsi: bertanya jawab tentang bank
·
Apa yang Anda ketahui tentang bank?
3)
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari
ini
2. Inti
a)
Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Membaca
dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan fungsi,
peran, produk, dan jenis-jenis bank
2)
Membaca dari berbagai
sumber belajar yang berkaitan dengan perbankan syariah
Menanya(Questioning)
1) Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan fungsi, peran, produk, dan jenis-jenis bank
2) Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan
perbankan syariah
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan data/informasi tentang fungsi,
peran, produk, dan jenis-jenis bank dari berbagai sumber yang relevan
2)
Mengumpulkan data/informasi tentang perbankan
syariahdari berbagai sumber yang relevan
Mengasosiasi(Associating)
1) Mengevaluasi
fungsi, peran, produk, dan jenis-jenis bank dalam bentuk laporan setelah menganalisis dan menyimpulkan informasi/data yang dikumpulkan
2) Menyimpulkan perbankan syariahdari data yang dikumpulkan
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Mengkomunikasi hasil pengamatan mengenai fungsi,
peran, produk, dan jenis-jenis bank dalam bentuk laporan
2) Menyampaikan
hasil pengamatan perbankan syariah dalam berbagai bentuk media (lisan dan
tulisan)
b) Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkan fungsi, peran, produk, dan jenis-jenis bank.
3. Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
PERTEMUAN
II:
A.
Tujuan
1) Menjelaskan
pengertian lembaga keuangan bukan bank
2) Mendeskripsikan
jenis-jenis lembaga keuangan bukan bank
3) Menjelaskan
manfaat lembaga keuangan bank dalam perekonomian
B.
Materi
Pembelajaran
Lembaga
Keuangan Bukan Bank
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : pendekatan spiral
Metode : diskusi danobservasi
literatur
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1) Lingkungan
sekitar
4) Buku teks
Ekonomi Kls X Yudistira, 2013
5) Buku pendukung
lain
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
1)
Mengkondisikan siswa untuk belajar dan
memotivasi siswa terkait pokok bahasan lembaga keuangan bukan bank kemudian
mendiskusikannya
2)
Apersepsi: bertanya jawab tentang lembaga
keuangan bukan bank
·
Apa yang Anda ketahui dengan lembaga keuangan
bukan bank?
3)
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari
ini
2. Inti
a. Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Membaca dari berbagai
sumber belajar yang berkaitan dengan pengertian dan jenis-jenis lembaga
keuangan bukan bank
2)
Membaca dari berbagai
sumber belajar yang berkaitan dengan manfaat lembaga keuangan bukan bank
Menanya(Questioning)
1) Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan jenis-jenis lembaga keuangan
bukan bank
2) Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan manfaat lembaga keuangan
bukan bank
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan data/informasi tentang
jenis-jenis lembaga keuangan dari berbagai sumber yang relevan
2)
Mengumpulkan data/informasi tentang manfaat
lembaga keuangan bukan bankdari berbagai sumber yang relevan
Mengasosiasi(Associating)
1)
Mengevaluasi
jenis-jenis lembaga keuangan bukan bankdalam bentuk laporan setelah
menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data yang dikumpulkan
2)
Mengevaluasi
tentang manfaat lembaga keuangan bukan bankdalam bentuk laporan setelah
menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data yang dikumpulkan
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Menyampaikan hasil evaluasi dan simpulan tentang jenis-jenis lembaga
keuangan bukan bankdalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
2) Mengkomunikasi hasil evaluasi dan simpulan tentang
manfaat lembaga keuangan bukan bank dalam bentuk laporan dan membacakannya
b.
Mendiskusikan hasil laporan dan menyimpulkan
lembaga keuangan bukan bank
3. Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
PENILAIAN
1.
Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
·
Pengamatan Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Uji Petik Kerja
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan
|
2.
Contoh
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Kriteria
|
Keterangan
|
||
Sangat baik
|
Baik
|
Kurang baik
|
|||
1
|
Jujur
|
|
|
|
|
2
|
Disiplin
|
|
|
|
|
3
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
4
|
Peduli
|
|
|
|
|
5
|
Kerja
Keras
|
|
|
|
|
b. Lembar
Tes
Unjuk Kerja
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Keterangan
|
||
Sangat baik
|
Baik
|
Kurang baik
|
|||
1.
|
Siswa dapat bekerja sama dengan teman sekelompok.
|
|
|
|
|
2.
|
Siswa mampu menjawab pertanyaan.
|
|
|
|
|
3.
|
Siswa dapat melakukan kunjungan untuk suatu
pengamatan.
|
|
|
|
|
4.
|
Siswa mampu mengerjakan tugas dengan tepat waktu
|
|
|
|
|
c. Lembar Tes Tertulis
Kerjakan soal-soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Apa yang dimaksud dengan bank menurut UU No.10 Tahun 1998 tentang
Perbankan?
2. Jelaskan peranan bank dalam perekonomian.
3. Tuliskan jenis bank berdasarkan kempemilikan.
4. Tuliskan produk dan layanan bank.
5. Jelaskan kondisi perbankaan saat ini menurut pendapat Anda.
6. Jelaskan perbedaan bank syariah dengan bank konvensional.
7. Tuliskan jenis-jenis lembaga keuangan bukan bank yang ada di Indonesia.
8. Jelaskan keuntungan dari pegadaian?
9. Apaperbaedaan lembaga keuangan bank dan lembaga keuangan bukan bank?
10. Jelaskan peranan lembaga keuangan bukan bank menurut pendapat Anda.
Jawaban
1. Menurut UU No.10 Tahun 1998 tentang Perbankan, bank adalah badan usaha
yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya
dalam bentuk kredit dan bentuk-bentuk lainnya dalam rangka menngkatkan taraf
hidup masyarakat.
2.
Bank mempunyai fungsi
dan peranan penting dalam perekonomian nasional. Jika di lihat dari kondisi
masyarakat sekarang, jarang sekali orang yang tidak mengenal dan tidak
berhubungan dengan bank. Pada mulanya kegiatan perbankan dimulai dari jasa
penukaran uang, sehingga dalam sejarah perbankan arti bank di kenal sebagai
meja tempat menukarkan uang, dimana kegiatan penukaran uang tersebut sekarang
dikenal dengan pedagang valuta asing. Dalam perkembangan selanjutnya kegiatan
perbankan berkembang lagi menjadi tempat penitipan uang, yang kini di kenal
dengan kegiatan simpanan. Kegiatan perbankan bertambah lagi sebagai tempat peminjaman
uang. Kegiatan perbankan terus berkembang seiring dengan perkembangan
masyarakat, dimana bank tidak lagi sekedar sebagai tempat menukar uang atau
tempat menyimpan dan meminjam uang. Hingga akhirnya keberadaan bank sangat
mempengaruhi perkembangan ekonomi masyarakat, hingga tingkat negara, dan bahkan
sampai tingkat internasional. rumah tangga konsumsi, perusahaan, dan pemerintah.
3. Jenis-jenis bank berdasarkan kepemiliknnya:
a. Bank pemerintah
b. Bank swasta nasional
c. Bank pemerintah daerah
d. Bank campuran
e. Bank asing
4. Produk dan jasa perbankan di antaranya:
a. Pemberian kredit dengan berbagai macam bentuk jaminan atau
tanggungannya.
b. Memberikan jasa-jasa dalam lalulintas pembayaran baik dalam negeri
maupun luar negeri dan peredaran uang.
c. Jasa-jasa perbankan lainnya di antaranya jual-beli cek perjalanan,
jual-beli uang kertas, mengeluarkan kartu kredit, jual-beli valuta asing,
pembayaran listrik, telepon, gaji, atau pajak, dan menyiapkan kotak pengaman
simpanan.
d. Bentuk-bentuk simpanan di bank, seperti giro, deposito berjangka,
sertifikat deposito atau tabungan.
5. Jawaban
disesuaikan dengan kemampuan dan pemahaman siswa
6. Perbedaan
bank syariah dengan bank konvensional
Bank Syariah
|
Bank Konvensional
|
Melakukan
hanya investasi yang halal menurut hukum Islam
|
Melakukan
investasi baik yang halal atau haram menurut hukum Islam2
|
Memakai
prinsip bagi hasil, jual-beli, dan sewa
|
Memakai
perangkat suku bunga
|
Berorientasi
keuntungan dan falah
|
Berorientasi
keuntungan
|
Hubungan
dengan nasabah dalam bentuk kemitraan
|
Hubungan
dengan nasabah dalam bentuk kreditur-debitur
|
Penghimpunan
dan penyaluran dana sesuai fatwa Dewan Pengawas Syariah
|
Penghimpunan
dan penyaluran dana tidak diatur oleh dewan sejenis
|
7. Koperasi
simpan pinjam, pegadaian, dana pensiun, asuransi, perusahaan sewa guna usaha,
anjak piutang.
8. Keuntungan
pegadaian adalah pihak pegadai tidak mempermasalahkan untuk apa uang tersebut
digunakan dan hal ini tentu bertolak belakang dengan pihak perbankan yang harus
dibuat serinci mungkin tentang penggunaan uangnya.
9. Lembaga
keuangan bank merupakan lembaga keuangan yang paling lengkap kegiatannya yaitu
menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut kepada
masyarakat dalam bentuk pinjaman serta melaksanakan kegiatan jasa keuangan
lainnya, sedangkan lembaga keuangan bukan bank non bank kegiatannya difokuskan
pada salah satu kegiatan keuangan saja. Bank dapat secara langsung menghimpun
dana dari masyarakat dalam bentuk giro, tabungan, deposito berjangka. Sedangkan
lembaga keuangan bukan bank tidak dapat secara langsung menghimpun dana dari
masyarakat dalam bentuk giro, tabungan, dan deposito berjangka.
10. Jawaban
disesuaikan dengan kemampuan dan pemahaman siswa.
Pedomanpenskoran
Uraian Jawaban
|
Skor
|
1. jawaban lengkap dan benar
seluruhnya
2. jawaban lengkap dan benar
sebagian besar
3. jawaban lengkap dan benar
sebagian kecil
4. jawaban lengkap dan salah
5. tidak ada jawaban
|
100
70 – 90
50 – 69
30
0
|
Total skor
|
100
|
Skor yang diperoleh
Nilai = -------------------------- X 100
Skor
maksimal
Siantar, 28 Agustus 2013
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Ekonomi
Kepala
SMA N
1 Siantar
RAHAB
SIADARI,S.Pd,M.Pd ROMADA P.SITUMORANG,S.Pd
NIP 197009241991031003
NIP.196208301998032001
Unit 7
Masalah dan Kebijakan Ekonomi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 SIANTAR
Kelas/Semester :
X/2
Mata Pelajaran : Ekonomi
Alokasi
Waktu : 6x 45
menit
KOMPETENSI
INTI:
KI -1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI-2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI-3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampumenggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.7
Mendeskripsikan sistem pembayaran dan alat pembayaran tunai dan non
tunai
|
1.
Mengidentifikasi
sistem pembayaran tunai
2.
Mengidentifikasi
sistem pembayaran nontunai
3.
Menyebutkan alat
pembayaran tunai
4.
Menyebutkan alat
pembayaran nontunai
5.
Membedakan sistem
pembayaran tunai dengan sistem pembayaran nontunai
|
4.7
Mempresentasikan alat pembayaran tunai (uang rupiah)
|
1. Menyimpulkan alat pembayaran tunai (uang rupiah)
2. Menyajikan
hasil penelusuran alat pembayaran tunai (uang rupiah)
|
4.8
Mensimulasikan sistem pembayaran dan alat pembayaran nontunai
|
1.
Menggambarkan sistem pembayaran dan alat
pembayaran nontunai
2.
Mendemonstrasikan sistem pembayaran dan
alat pembayaran nontunai
|
PERTEMUAN
I:
A.
Tujuan
Pembelajaran
1) Memahami sistem pembayaran
2) Memahami sistem pembayaran tunai
3) Menyebutkan alat pembayaran tunai
B.
Materi
Pembelajaran
Sistem
pembayaran
Alat
pembayaran tunai
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : pendekatan CBSA
Metode : diskusi,
observasi literatur
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1)
Lingkungan sekitar
2)
Buku teks Ekonomi Kls X Yudistira, 2013
3)
Buku pendukung lain
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
1)
Mengkondisikan siswa untuk belajar dan
memotivasi siswa terkait sistem pembayaran dan alat pembayaran tunaikemudian mendiskusikannya
2)
Apersepsi: bertanya jawab tentang sistem
pembayaran dan alat pembayaran tunai
·
Apa yang Anda ketahui tentang sistem
pembayaran?
3)
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari
ini
2. Inti
a)
Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Membaca
dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan sistem
pembayaran.
2)
Membaca dari berbagai sumber
belajar yang berkaitan dengan alat pembayaran tunai.
Menanya(Questioning)
1) Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan sistem pembayaran.
2) Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan alat pembayaran tunai.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan data/informasi tentang sistem
pembayaran dari berbagai sumber yang relevan.
2)
Mengumpulkan data/informasi
tentang alat pembayaran tunai dari berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasi(Associating)
1) Mengevaluasi
sistem pembayaran dalam bentuk laporan setelah
menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data yang dikumpulkan.
2)
Mengevaluasi alat pembayaran
tunai dalam bentuk laporan setelah menganalisis
dan menyimpulkan informasi/data yang
dikumpulkan.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Menyampaikan hasil pengamatan tentang sistem
pembayarandalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
2) Mengkomunikasi
hasil pengamatan tentang alat pembayaran tunai dalam bentuk laporan dan
membacakannya
b) Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkansystem pembayaran dan alat pembayaran tunai
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
PERTEMUAN
II:
A.
Tujuan
Pembelajaran
1) Memahami sistem pembayaran nontunai
2) Menyebutkan alat pembayaran nontunai
3) Mendeskripsikan perbedaan sistem pembayaran tunai dengan sistem pembayaran
nontunai
B.
Materi
Pembelajaran
Sistem
pembayaran nontunai
Alat
pembayaran nontunai
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : pendekatan CBSA
Metode : diskusi,
observasi literatur
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1)
Lingkungan sekitar
2)
Buku teks Ekonomi Kelas X
Yudistira,
2013
3)
Buku pendukung lain
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
1)
Mengkondisikan siswa untuk belajar dan
memotivasi siswa terkait sistem pembayaran nontunai dan alat pembayaran
nontunai kemudian mendiskusikannya
2)
Apersepsi: bertanya jawab tentang sistem
pembayaran nontunai dan alat pembayaran tunai nontunai
·
Apa yang Anda ketahui tentang sistem
pembayaran nontunai?
3)
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari
ini
2. Inti
a)
Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Membaca
dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan sistem
pembayaran nontunai.
2)
Membaca dari berbagai sumber
belajar yang berkaitan dengan alat pembayaran nontunai.
3)
Membaca dari berbagai sumber
belajar mengenai perbedaan sistem pembayaran tunai dengan sistem pembayaran
nontunai
Menanya(Questioning)
1) Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan sistem pembayaran.
2) Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan alat pembayaran tunai.
3) Mengajukan pertanyaan tentang perbedaan sistem pembayaran tunai dengan
sistem pembayaran nontunai
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan data/informasi tentang sistem
pembayaran dari berbagai sumber yang relevan.
2)
Mengumpulkan data/informasi
tentang alat pembayaran tunai dari berbagai sumber yang relevan.
3)
Mengumpulkan informasi tentang
perbedaan sistem pembayaran tunai dengan sistem pembayaran nontunai.
Mengasosiasi(Associating)
1) Mengevaluasi
sistem pembayaran dalam bentuk laporan setelah
menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data yang dikumpulkan.
2)
Mengevaluasi alat pembayaran
tunai dalam bentuk laporan setelah
menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data yang dikumpulkan.
3)
Mengevaluasi perbedaan sistem
pembayaran tunai dengan sistem pembayaran nontunai
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Menyampaikan hasil pengamatan tentang sistem
pembayaran dalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan)
2) Mengkomunikasi
hasil pengamatan tentang alat pembayaran tunai dalam bentuk laporan dan
membacakannya
3) Menyampaikan
hasil pemgamatan tentang perbedaan sistem pembayaran tunai dengan sistem
pembayaran nontunai
b) Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkansistem pembayaran dan alat pembayaran nonotunai
serta perbedaan sistem pembayaran tunai dengan sistem pembayaran nontunai
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
PENILAIAN
1.
Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
·
Pengamatan Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Uji Petik Kerja
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan
|
2.
Contoh
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Kriteria
|
Keterangan
|
||
Sangat baik
|
Baik
|
Kurang baik
|
|||
1
|
Menunjukkan rasa
syukur kepada Tuhan
|
|
|
|
|
2
|
Memiliki rasa ingin tahu
|
|
|
|
|
3
|
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara
individu maupun berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Berani mengemukakan pendapat
|
|
|
|
|
5
|
Memiliki sikap percaya diri dalam
berinteraksi dengan teman dan guru.
|
|
|
|
|
b. Lembar
Tes
Unjuk Kerja
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Keterangan
|
||
Sangat baik
|
Baik
|
Kurang baik
|
|||
1.
|
Siswa dapat bekerja sama dengan teman sekelompok.
|
|
|
|
|
2.
|
Siswa mampu menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3.
|
Siswa dapat melakukan kunjungan untuk suatu
pengamatan.
|
|
|
|
|
4.
|
Siswa mampu mengerjakan tugas dengan tepat waktu
|
|
|
|
|
c. Lembar
Tes Tertulis
Kerjakan soal-soal berikut dengan
jawaban yang tepat.
1. Apa yang dimaksud dengan sistem pembayaran?
2. Jelaskan fungsi asli dan turunan dari uang.
3. Tuliskan pengertian uang menurut para ahli.
4. Tuliskan jenis uang yang beredar di masyarakat.
5. Apayang dimaksud dengan full bodied money?
6. Tuliskan jenis-jenis alat pembayaran nontunai.
7. Tuliskan jenis penyelesaian transaksi non tunai.
8. Menurut Anda, apa perbedaan sistem pembayaran tunai dan nontunai?
9. Apa
yang dimaksud dengan sistem kliring
10. Menurut
Anda, apa keuntungan dari sistem pembayaran nontunai.
Jawaban
1. Sistem pembayaran adalah suatu sistem yang mencakup pengaturan,
kontrak/perjanjian, fasilitas operasional, dan mekanisme teknis yang digunakan
untuk penyampaian, pengesahan dan penerimaan instruksi pembayaran, serta
pemenuhan kewajiban pembayaran melalui pertukaran “nilai” antar perorangan,
bank, dan lembaga lainnya baik lembaga domestik maupun cross order “antar
negara”.
2. Fungsi
asli uang
a. Sebagai
alat tukar
Uang
digunakan sebagai alat untuk mempermudah pertukaran. Dengan memiliki uang, Anda
akan mudah menukarkan dengan barang apapun yang Anda inginkan sesuai dengan
yang dibutuhkan.
b. Alat
satuan hitung
Untuk
menentukan harga sejenis barang diperlukan satuan hitung, karena harga satu
barang dengan barang lain memiliki harga-harga tersendiri.
Fungsi
turunan
a. Sebagai
alat pembayaran, uang berfungsi untuk melakukan pembayaran berbagai transaksi,
misalnys pembayaran pajak, iuran.
b. Sebagai
pembayaran utang, uang berfungsi untuk melakukan dan menentukan pembayaran
kewajiban atau digunakan untuk standar pembayaran utang.
c. Penimbun
kekayaan artinya uang dapat disimpan telebih dahulu, yang nantinya akan
mempermudah dalam pertukaran di masa mendatang.
d. Sebagai
alat pembentukan modal dan pemindahan modal, yaitu uang berfungsi untuk
menambah atau memperbesar modal usaha, baik dipergunakan sendiri maupun
dipinjamkan kepada orang lain yang membutuhkan modal tersebut.
e. Sebagai
ukuran harga atau pengukur nilai (standard of value), yaitu uang berfungsi
sebagai alat untuk menentukan harga barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu
perusahaan.
f. Alat
pendorong kegiatan rkonomi, jika nilai uang stabil, uang akan lebih banyak
digunakan dalam kegiatan ekonomi, sehingga kegiatan ekonomi, dapat meningkat.
3. Pengertian
uang menurut para ahli:
a. Roberson
menyatakan uang adalah segala sesuatu yang umum diterima dalam pembayaran
barang-barang.
b. R.S.
Sayers menyatakan uang adalah segala sesuatu yang umum diterima sebagai
pembayaran utang.
c. A.C.
Pigou menyatakan bahwa uang adalah segala sesuatu yang umum dipergunakan
sebagai alat penukar.
4. Uang
kertas dan uang logam.
5. Full
bodied money adalah mata uang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang
sah dengan nilai nominal uang sama dengan nilai instrinsiknya (bahannya).
6. Jenis-jenis
alat pembayaran nontunai yaitu:
a. Paper
based yakni cek, bilyet giro, dan nota debet.
b. Electronic
Based yakni Kartu ATM, kartu Kredit dan e-money.
c. Mobile
Based yakni Mobile Money.
7. Transaksi
yang bernilai besar dan transaksi yang bernilai kecil.
8. Jawaban
disesuaikan dengan kemampuan dan pemahaman siswa.
9. Sistem
kliring yaitu pertukaran warkat atau data keuangan elektronik antar peserta
kliring baik atas nama peserta maupun atas nama nasabah peserta yang
perhitungannya diselesaikan pada waktu tertentu.
10. Jawaban
disesuaikan dengan kemampuan dan pemahaman siswa.
Pedomanpenskoran
Uraian Jawaban
|
Skor
|
1. jawaban lengkap dan benar
seluruhnya
2. jawaban lengkap dan benar
sebagian besar
3. jawaban lengkap dan benar
sebagian kecil
4. jawaban lengkap dan salah
5. tidak ada jawaban
|
100
70 – 90
50 – 69
30
0
|
Total skor
|
100
|
Skor yang diperoleh
Nilai = -------------------------- X 100
Skor
maksimal
Siantar, 28 Agustus 2013
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Ekonomi
Kepala
SMA N
1 Siantar
RAHAB
SIADARI,S.Pd,M.Pd ROMADA P.SITUMORANG,S.Pd
NIP 197009241991031003 NIP.196208301998032001
Unit 8
Pasar dalam Perekonomian
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 1 SIANTAR
Kelas/Semester :
X/2
Mata Pelajaran : Ekonomi
Alokasi
Waktu : 9x 45
menit
KOMPETENSI
INTI:
KI
-1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif danmenunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI-3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI-4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampumenggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.8
Mendeskripsikan konsep manajemen, kewirausahaan, dan koperasi sekolah
|
1.
Memahami konsep
manajemen
2.
Menjelaskan jenjang
manajemen
3.
Meneyebutkan fungsi-fungsi
manajemen
4.
Menyebutkan
unsur-unsur manajemen
5.
Menjelaskan
bidang-bidang manajemen
6.
Memahami konsep
kewirausahaan
7.
Menjelaskan bidang
usaha kegiatan wirausaha
8.
Menyebutkan
syarat-syarat menjadi wirausaha
9.
Menjelaskan peran
wirausaha dalam perekonomian
10.
Memahami konsep
koperasi sekolah
11.
Menyebutkan asas,
tujuan, jenis-jenis, peran, prinsip, perangkat organisasi, dan sumber
permodalan koperasi sekolah
12.
Mendeskripsikan
Selisih Hasil Usaha
13.
Mendeskripsikan
pendirian koperasi sekolah
|
4.9
Mempraktikkan kewirausahaan dengan menggunakan rencana usaha (bussines plan) secara terbuka dan
antikorupsi
|
1.
Merumuskan
kewirausahaan dengan menggunakan rencana usaha secara terbuka dan antikorupsi
2.
Mengaplikasikan kewirausahaan dengan
menggunakan rencana usaha secara terbuka dan antikorupsi
|
4.10
Mempraktikkan manajemen dalam
koperasi sekolah
|
1.
Menyimpulkan
manajemen dalam koperasi sekolah
2.
Mengaplikasikan
manajemen dalam koperasi sekolah
|
PERTEMUAN
I:
A.
Tujuan
Pembelajaran
1) Memahami konsep manajemen
2) Menjelaskan jenang manajemen
3)
Menyebutkan fungsi manajemen
4)
Menjelaskan unsur-unsur manajemen
5)
Menjelaskan bidang-bidang manajemen
B.
Materi
Pembelajaran
Manajemen
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : pendekatan CBSA
Metode : diskusi, observasi
literatur
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1)
Lingkungan sekitar
2)
Buku teks Ekonomi Kelas X
Yudistira,
2013
3)
Buku pendukung lain
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
1)
Mengkondisikan siswa untuk belajar dan memotivasi
siswa terkait materi manajemen kemudian mendiskusikannya
2)
Apersepsi: bertanya jawab tentang manajemen
·
Apa yang Anda ketahui tentang manajemen?
3)
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari
ini
2.
Inti
a)
Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Membaca
dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan konsep manajemen.
2)
Membaca dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan jenjang manajemen, fungsi
manajemen, unsur-unsur manajemen, dan bidang-bidang manajemen.
Menanya(Questioning)
1) Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan konsep manajemen.
2) Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan jenjang manajemen, fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen, dan bidang-bidang
manajemen.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan data/informasi tentang konsep manajemendari berbagai sumber yang
relevan.
2)
Mengumpulkan data/informasi
tentang jenjang manajemen, fungsi manajemen, unsur-unsur
manajemen, dan bidang-bidang manajemen dari berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasi(Associating)
1) Mengevaluasi
konsep manajemen dalam bentuk laporan setelah
menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data yang dikumpulkan.
2) Mengevaluasi
jenjang manajemen, fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen, dan bidang-bidang manajemen
dalam bentuk laporan setelah
menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data yang dikumpulkan.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Menyampaikan hasil pemecahan masalah konsep
manajemendalam berbagai
bentuk media (lisan dan tulisan).
2) Mengkomunikasi
hasil pengamatan tentang jenjang manajemen, fungsi
manajemen, unsur-unsur manajemen, dan bidang-bidang
manajemen dalam bentuk
laporan dan membacakannya.
b) Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkankonsep manajemen, jenjang manajemen, fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen, dan
bidang-bidang manajemen.
3. Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
PERTEMUAN
II:
A.
Tujuan
Pembelajaran
1) Memahami konsep kewirausahaan
2) Mendeskripsikan bidang usaha kegiatan wirausaha
3) Mendeskripsikan syarat-syarat menjadi wirausaha
4) Menjelaskan peran wirausaha dalam perekonomian
B.
Materi
Pembelajaran
Kewirausahaan
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : pendekatan CBSA
Metode : diskusi,
observasi literatur
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1)
Lingkungan sekitar
2)
Buku teks Ekonomi Kelas X
Yudistira,
2013
3)
Buku pendukung lain
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
1)
Mengkondisikan siswa untuk belajar dan
memotivasi siswa terkait kewirausahaan kemudian mendiskusikannya
2)
Apersepsi: bertanya jawab tentang
kewirausahaaan
·
Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan
wirausaha?
3)
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari
ini
2. Inti
a)
Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Membaca
dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan konsep
kewirausahaan
2)
Membaca dari berbagai sumber
belajar yang berkaitan dengan bidang usaha kegiatan wirausaha, syarat-syarat
menjadi wirausaha, dan peran wirausaha dalam perekonomian
Menanya(Questioning)
1) Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan konsep kewirausahaan.
2) Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan bidang usaha kegiatan wirausaha, syarat-syarat menjadi
wirausaha, dan peran wirausaha dalam perekonomian.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan data/informasi tentang konsep
kewirausahaan dari berbagai sumber yang relevan.
2)
Mengumpulkan data/informasi
tentang bidang usaha kegiatan wirausaha, syarat-syarat menjadi wirausaha, dan
peran wirausaha dalam perekonomian dari berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasi(Associating)
1) Mengevaluasi
konsep kewirausahaan dalam bentuk laporan setelah menganalisis dan menyimpulkan informasi/data yang dikumpulkan.
2)
Mengevaluasi bidang usaha
kegiatan wirausaha, syarat-syarat menjadi wirausaha, dan peran wirausaha dalam
perekonomian dalam bentuk laporan setelah
menganalisis dan menyimpulkan
informasi/data yang dikumpulkan.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Menyampaikan hasil pemecahan masalah konsep
kewirausahaandalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan).
2) Mengkomunikasi
hasil pengamatan tentang bidang usaha kegiatan wirausaha, syarat-syarat menjadi
wirausaha, dan peran wirausaha dalam perekonomian dalam bentuk laporan dan
membacakannya.
b) Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkankonsep kewirausahaan, bidang usaha kegiatan
wirausaha, syarat-syarat menjadi wirausaha, dan peran wirausaha dalam perekonomian.
3. Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
PERTEMUAN
III:
A.
Tujuan
Pembelajaran
1) Memahami konsep koperasi sekolah
2) Mendeskripsikan asas, tujuan, jenis-jenis, peran, prinsip, perangkat
organisasi, dan sumber permodalan koperasi sekolah
3) Menjelaskan Selisih Hasil Usaha
4) Menjelaskan pendirian koperasi sekolah
B.
Materi
Pembelajaran
Koperasi
sekolah
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan
umum : pendekatan CBSA
Metode : diskusi,
observasi literatur
D.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1)
Lingkungan sekitar
2)
Buku teks Ekonomi Kelas X Yudistira, 2013
3)
Buku pendukung lain
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
1)
Mengkondisikan siswa untuk belajar dan
memotivasi siswa terkait koperasi sekolahkemudian mendiskusikannya
2)
Apersepsi: bertanya jawab tentang keoperasi
sekolah
·
Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan
koperasi sekolah?
3)
Menyampaikan inti tujuan pembelajaran hari
ini
2. Inti
a)
Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati (Observing)
1)
Membaca
dari berbagai sumber belajar yang berkaitan dengan konsep
koperasi sekolah.
2)
Membaca dari berbagai sumber
belajar yang berkaitan dengan asas, tujuan, jenis-jenis, peran, prinsip,
perangkat organisasi, sumber permodalan koperasi sekolah, Selisih Hasil Usaha,
dan pendirian koperasi sekolah.
Menanya(Questioning)
1) Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan konsep koperasi sekolah.
2) Mengajukan pertanyaan yang
berkaitan dengan asas, tujuan, jenis-jenis, peran, prinsip, perangkat
organisasi, sumber permodalan koperasi sekolah, Selisih Hasil Usaha, dan
pendirian koperasi sekolah.
Pengumpulan Data (Experimenting)
1)
Mengumpulkan data/informasi tentang konsep
koperasi sekolah dari berbagai sumber yang relevan.
2) Mengumpulkan data/informasi tentang asas, tujuan, jenis-jenis,
peran, prinsip, perangkat organisasi, sumber permodalan koperasi sekolah,
Selisih Hasil Usaha, dan pendirian koperasi sekolah dari berbagai sumber yang
relevan.
Mengasosiasi(Associating)
1) Mengevaluasi
konsep koperasi sekolah dalam bentuk laporan setelah menganalisis dan menyimpulkan informasi/data yang dikumpulkan.
2) Mengevaluasi asas, tujuan, jenis-jenis, peran, prinsip, perangkat
organisasi, sumber permodalan koperasi sekolah, Selisih Hasil Usaha, dan
pendirian koperasi sekolah dalam bentuk laporan setelah menganalisis dan menyimpulkan informasi/data yang dikumpulkan.
Mengkomunikasikan(Communicating)
1) Menyampaikan
hasil pemecahan masalah konsep koperasi sekolahdalam berbagai bentuk media (lisan dan tulisan).
2) Mengkomunikasi
hasil pengamatan tentang asas, tujuan, jenis-jenis, peran, prinsip, perangkat
organisasi, sumber permodalan koperasi sekolah, Selisih Hasil Usaha, dan
pendirian koperasi sekolah dalam bentuk laporan dan membacakannya.
b) Mendiskusikan
hasil laporan dan menyimpulkankonsep koperasi sekolah, asas, tujuan,
jenis-jenis, peran, prinsip, perangkat organisasi, sumber permodalan koperasi
sekolah, Selisih Hasil Usaha, dan pendirian koperasi sekolah.
3. Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
PENILAIAN
1.
Teknik
dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
·
Pengamatan Sikap
|
·
Lembar Pengamatan Sikap
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Uji Petik Kerja
|
·
Tes Tertulis
|
·
Tes Uraian dan Pilihan
|
2.
Contoh
Instrumen
a.
Lembar
Pengamatan Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Kriteria
|
Keterangan
|
||
Sangat baik
|
Baik
|
Kurang baik
|
|||
1
|
Jujur
|
|
|
|
|
2
|
Disiplin
|
|
|
|
|
3
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
4
|
Peduli
|
|
|
|
|
5
|
Kerja
Keras
|
|
|
|
|
b. Lembar
Tes
Unjuk Kerja
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Keterangan
|
||
Sangat baik
|
Baik
|
Kurang baik
|
|||
1.
|
Siswa dapat bekerja sama dengan teman sekelompok.
|
|
|
|
|
2.
|
Siswa mampu menjawab pertanyaan.
|
|
|
|
|
3.
|
Siswa dapat melakukan kunjungan untuk suatu
pengamatan.
|
|
|
|
|
4.
|
Siswa mampu mengerjakan tugas dengan tepat waktu
|
|
|
|
|
c. Lembar Tes Tertulis
Kerjakan soal-soal berikut dengan jawaban yang tepat.
1. Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan manajemen?
2. Tuliskan jenjang manajemen menurut S. P. Siagian.
3. Menurut Anda, apa manfaat manajemen bagi sebuah
perusahaan?
4. Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan wirausaha?
5. Tuliskan sejumlah tokoh wirausaha Indonesia.
6. Tuliskan bidang usaha kegiatan wirausaha.
7. Apa yang dimaksud dengan koperasi sekolah?
8. Menurut Anda, apa manfaat dari koperasi sekolah?
9. Apa yang dimaksud dengan Selisih Hasil Usaha? Uraikan
10. Tuliskan perangkat koperasi sekolah.
Jawaban
1. Jawaban disesuaikan dengan kemampuan dan pemahaman
siswa.
2. Jenjang manajemen menurut S. P. Siagian:
a. Top
management atau manajemen tingkat atas yang sering disebut chief executive
officer atau top manager.
b. Middle
management atau manajemen tingkat menengah atau sering disebut sebagai kepada
bagian.
c. Lower
Management atau manajemen tingkat bawah yang dikenal dengan istilah operasional
seperti supervisor, kepala seksi, dan mandor.
3. Jawaban
disesuaikan dengan kemampuan dan pemahaman siswa.
4. Jawaban
disesuaikan dengan kemampuan dan pemahaman siswa.
5. Bob
Sadino, Chairul Tanjung, Hary Tanoesoedibjo, Ciputra, Putera Sampoerna.
6. Bidang
ekonomi, bidang pendidikan, dan bidang karir dan jabatan.
7. Koperasi
sekolah adalah badan hukum koperasi yang dikembangkan di sekolah,biasanya
terdiri atas koperasi guru yang biasa di sebut Koperasi Pegawai Republik
Indonesia (KPRI) dan koperasi siswa yang biasa disebut KOPSIS.
8. Jawaban
disesuaikan dengan kemampuan dan pemahaman siswa.
9. SHU
adalah pendapatan koperasi yang diperoleh dalam 1 (satu) tahun dikurangi dengan
biaya, penyusutan, pajak dan kewajiban-kewajiban lainnya pada tahun
bersangkutan. Jika SHU bersifat positif maka disebut Surflus Hasil Usaha (SHU)
sedangkan jika negatif disebut Defisit Hasil Usaha (DHU).
10. RAT
(Rapat Anggota Tahunan), pengurus, dan pengawas.
Pedomanpenskoran
Uraian Jawaban
|
Skor
|
1. jawaban lengkap dan benar
seluruhnya
2. jawaban lengkap dan benar
sebagian besar
3. jawaban lengkap dan benar
sebagian kecil
4. jawaban lengkap dan salah
5. tidak ada jawaban
|
100
70 – 90
50 – 69
30
0
|
Total skor
|
100
|
Skor yang diperoleh
Nilai = -------------------------- X 100
Skor
maksimal
Siantar, 28 Agustus 2013
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Ekonomi
Kepala
SMA N
1 Siantar
RAHAB
SIADARI,S.Pd,M.Pd ROMADA P.SITUMORANG,S.Pd
NIP 197009241991031003
NIP.196208301998032001
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !